• 18 Desember 2023
  • 63 Pembaca

Direktorat Sumber Daya Ditjen Dikti Monev UPT Lab Terpadu dan Lab Prodi di Undana

KUPANG – Tim Direktorat Sumber Daya Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikt) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) tata kelola laboratorium dan inovasi layanan pada UPT. Laboratorium Terpadu Bioscience dan sejumlah laboratorium yang tersebar di sejumlah Program Studi (Prodi) di Universitas Nusa Cendana (Undana).

Kehadiran Tim Direktorat Sumber Daya Ditjen Dikti diwakili Dr. Abdurahman dan Jati Hayati beserta sejumlah staf diterima Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Paul G. Tamelan, M.Si di ruang kerjanya, Rabu 29 November 2023.

Warek II Undana menyampaikan selamat datang kepada seluruh tim Dirjen Sumber Daya Dikti untuk melakukan monev terkait tata Kelola dan inovasi layanan laboratorium di Undana.

Dr. Paul Tamelan pada kesempatan itu menyampaikan bahwa monev perlu dilakukan agar Undana bisa mendapat rekomendasi yang baik dari sejumlah kondisi rill di lapangan. Oleh karena itu, pihaknya sangat terbuka menerima rekomendasi yang akan disampaikan Tim Monev Dirjen Sumber Daya.

Dengan demikian, rekomendasi tersebut dapat dijadikan acuan guna mengambil  kebijakan dalam menyiapkan sumber daya maupun fasilitas laboratorium di Undana yang lebih baik.

Usai pertemuan tersebut, Tim Dirjen Sumber Daya Dikti langsung menuju ke Lab Bioscience guna memantau sejumlah fasilitas dan tenaga sumber daya manusia.

Selain pemantauan tersebut, Tim Monev juga melakukan pertemuan dengan sejumlah pengelola maupun laboran yang ada di Undana.

Pantauan Humas Undana, Tim Monev mendapat banyak masukan, terkait dengan fasilitas yang sudah lama, ruangan yang tidak memadai untuk sejumlah peralatan, hingga ketersediaan laboran.

Kepada para pengelola laboratorium Dr. Abdurahman dan Jati Hayati berpesan agar ke depan Undana perlu mengusulkan formasi CPNS  baik ASN maupun PPPK Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP). Minimal, kata Dr. Abrudahman, satu laboratorium Prodi harus diisi dua tenaga PLP maupun satu tenaga teknis.

Untuk pengusulan tersebut, kata Jayati, Undana perlu merekomendasi tenaga-tenaga laboran yang sudah ada sebelumnya.

Sementara itu, khusus untuk Lab UPT Terpadu Bioscience, Tim Monev memuji kualitas sarana prasarana yang sudah berstandar, sementara penambahan tenaga PLP juga harus tetap dilakukan. Selain itu, pengembangan kompetensi PLP juga harus dilakukan ke depan sambil menunggu rekomendasi yang disampaikan ke pimpinan Undana ditindaklanjuti.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala UPT Lab Terpadu, Dr. Dodi Darmakusuma, S.Si., M.Si, Manejer Teknis UPT Lab Terpadu, Prof. Dr. rer.nat. Antonius R. B. Ola, M.Sc beserta sejumlah staf UPT Lab Terpadu Undana. #reformasibirokrasi #zonaintegritas (rfl)

Komentar