• 28 Maret 2024
  • 133 Pembaca

Undana Kupang Dapat Pendampingan ZI dari Kemendikbudristek

Universitas Nusa Cendana  mendapat kunjungan dari Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemendikbudristek.

Kunjungan itu dalam rangka penguatan reformasi birokrasi dan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan kampus Undana Kupang

Kegiatan pendampingan ZI tersebut dibuka Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Paul G. Tamelan, M.Si di Aula Rektorat Undana, Rabu 27 Maret 2024.

Hadir pada kesempatan itu, sejumlah pejabat dari Biro Ortala Kemendikbudristek, yakni Penelaah Teknik Kebijakan, Mohammad Haziq; Pengolah Data dan Informasi, Ratnawati, Sanny Permatasari dan Ancu Ainy Nuraisyah, serta Auditor Ahli Madya, Supriyati.

Hadir pula jajaran pimpinan Undana, antara lain Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Dra. Karolina K. Sangkala, M.Si, Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Yefri C. Adoe, SE dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Drs. Raynold A. Ludji Nguru, M.Si beserta para peserta yang terdiri dari para pimpinan Fakultas, Lembaga, Prodi dan UPT di lingkungan Undana.

Dalam sambutannya, WR II Undana, Dr. Paul G. Tamelan mengatakan kegiatan pendampingan Pembangunan ZI di Undana sangat urgen, karena saat ini sejumlah fakultas, biro, lembaga maupun pascasarjana tengah berupaya membangun ZI WBK/WBMM.

"Undana juga perlu membangun ZI WBK/WBMM, karena tuntutan kita saat ini adalah membangun reformasi birokrasi yang bersih, terutama bersih dari KKN," ujarnya.

Dr Paul mengatakan dalam kondisi apapun mahasiswa maupun stakeholders lainnya perlu dilayani dengan baik demi mewujudkan ZI menuju WBK/WBMM. 

Saat ini, kata Warek II Undana itu, semua biro di Undana telah melaksanakan ZI WBK/WBMM, sehingga menurut rencana pada awal bulan Mei 2024, semua fakultas sudah menjadi ZI WBK/WBMM melalui enam area perubahan.

Penelaah Teknik Kebijakan Biro Ortala Kemendikbudristek, Mohammad Haziq pada kesempatan itu menyampaikan dukungannya terhadap pembangunan ZI WBK/WBMM yang dilaksanakan Undana. 

Haziq berharap komitmen dari para pimpinan unit untuk melaksanakan 6 (enam) area perubahan ZI WBK/WBMM dapat terlaksana dengan baik.

"Saya juga berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan pendampingan yang dilaksanakan selama dua hari ini," pungkasnya.

WR IV Undana, Prof. Jefri S. Bale menambahkan Undana dalam kurun waktu 3-4 tahun ini mulau menerapkan ZI menuju WBK/WBM di sejumlah fakultas dan biro.

Namun menurut Prof. Jefri, idealnya pembangunan ZI sudah dimulai tahun 2013 lalu. 

Dalam pelaksanaannya, kata dia Undana sudah memiliki prosedur, berupa laporan tahunan, bulanan maupun secara periodik terkait dengan kemajuan reformasi birokrasi

"Ada sejumlah hal yang sudah dikerjakan terkait ZI WBK/WBM, yakni penunjukan unit-unit dalam hal ini fakultas melalui SK Rektor agar menjadi ZI dan masing-masing unit juga sudah mendapatkan SK pendampingan internal tingkat unit maupun universitas," tandasnya.(*)

Sumber https://kupang.tribunnews.com/2024/03/27/undana-kupang-dapat-pendampingan-zi-dari-kemendikbudristek.
Penulis: Ray Rebon | Editor: Edi Hayong

Komentar