• 30 Oktober 2023
  • 278 Pembaca

KPPK Undana Melaksanakan Pelatihan PKPP Serta Keputusan di Lingkup Undana

Koordinator Pusat Pengembangan Kapasitas (KPPK), Legislatif Drafting dan Anti Korupsi Universitas Cendana (Undana) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perancang Peraturan (PKPP) dan Keputusan di lingkup Undana. Wakil Rektor IV Prof. Dr. Jefri S. Bale, mengatakan penting peraturan yang baik itu tentu akan mampu mendukung kinerja dari Universitas ini.

Demikian disampaikan Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST.,M.Eng; kepada media ini usai kegiatan pelatihan PKPP di Hotel Neo Aston Kupang pada Kamis, (26/10/2023).

“Kita sadar bahwa sangat penting peraturan yang baik itu tentu akan mampu mendukung kinerja dari Universitas. Ini bagian dari pada kita meningkatkan kompetensi untuk mampu menghasilkan aturan-aturan yang baik harmonis. Tidak saling bertentangan dengan aturan yang ada. Itu sebenarnya tujuan dari kegiatan itu. Kami sangat mendukung,” ujar Prof. Jefri.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan peningkatan SDM ini sangat didukung karena peningkatan kompetensi ini baik untuk dosen, tenaga kependidikan. “Di Undana itu menjadi salah satu indikator kinerja utama sehingga kita harus memperbanyak kegiatan-kegatan yang sifatnya meningkatkan kualifikasi dari teman-teman se-Universitas yang ada di Undana, salah satunya ini,” ujarnya.

Selain itu, ia menerangkan bahwa Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) didalam proses menjadi PTNBH indikator-indikator didukung para meter. “Yang menjadi sorotan bagi kami ada dua, yang petama itu ialah Finansial bagaimana Undana mampu menjinerit pendapatan akademik khususnya.
Kedua, tentunya kemampuan atau penegasan Undana dalam menghasilkan peraturan-peraturan yang mendukung operasional dari PTNBH ini sangat penting. karena aturan-aturan itu yang ketika menjadi PTNBH akan menjadi dasar utama atau aturan main Undana untuk melaksanakan layanan tridarma,” urainya.

Menurutnya, kalau Blu itu masih ada aturan menteri yang masih menjadi rujukan, tetapi ketika PTNBH mayoritas aturan itu didasari oleh peraturan ditingkat Rektor. “Ini memang butuh kemampuan kita untuk mampu mengidentifikasi dan menghasilkan aturan-aturan yang diperlukan,” kata Prof. jefri.

Ia juga berharap teman-teman memiliki kompetensi yang baik. Mampu bersinergi dengan aturan-aturan yang sudah ada.
“Dari peraturan rektor bisa diturunkan dengan baik di tingkat fakultas atau di unit kerja yang lain. Di biro, PT di lembaga sehingga tantangan-tantangan yang ada permasalahan yang ada saat ini misalnya terkait dengan penerbitan SK yang belum sesui dengan waktu. Dengan kegiatan ini bisa menjadi sala satu tantangan agar SK yang terbit itu tepat waktu dan bisa sesuai dengan waktu yang digunakan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia (Kepan), Darius Mauritsius, SH.,M.Hum mengatakan bahwa “kita dari pusat pelayanan sebenarnya melaksanakan apa yang disampaikan oleh pimpinan. Sehingga kita follow up capaian-capaian dari setiap kegiatan yang di sampaikan oleh pimpinan.” kata Darius.

Kepan berharap kegiatan tersebut dapat terapkan oleh semua unit yang telah mengikuti.
“Harapan kami setelah para peserta telah kembali dari kegiatan ini dapat mengimplementasikan diri di unit masing-masing dengan ilmu yang telah diperoleh,” harapnya.

Sumber : https://suaraglobal.id/2023/10/26/kppk-undana-melaksanakan-pelatihan-pkpp-serta-keputusan-di-lingkup-undana/

Komentar